10 Cara agar Tampil Meyakinkan di Depan Client

 

Jika anda orang yang berhubungan langsung dengan client. First impression sangatlah penting. Hal ini dapat menentukan apakah anda bekerja sama dengan client tersebut atau tidak. berikut ini adalah tips-tips agar anda dapat meyakinkan client anda bahwa mereka berbicara dengan orang yang tepat.


1.Datanglah Tepat Waktu

Tidak ada salahnya anda datang satu jam sebelum client datang. Tunjukan jika anda professional dengan begitu anda akan membuat first impression yang baik di depan client. Ingat impression itu membuat perbedaan antara sukses dan gagal.

2.Berpenampilanlah Seperti Bisnisman

Walaupun anda bergerak di bidang IT tidak ada salahnya anda berpenampilan rapih seperti bisnisman dengan begitu client akan respect terhadap anda. Berpenampilan rapih cukup memakai kemeja rapih tidak kusut dan jangan terlalu berlebihan. Lihat siapa client anda jika dia bisnisman besar pakailah jas.

3.Jadilah Pendengar yang Baik dan Berikanlah Solusi

Pada dasarnya client adalah pembeli. Jadi yang perlu anda lakukan adalah anda mendengarkan client anda. jangan pernah memotong pembicaraan client anda kecuali jika client anda sudah melewati batas. Jadilah pendengar yang baik, karena anda dapat menganalisis kebutuhan client anda.


4.Jangan Gunakan Kosa Kata yang Tinggi

Ketika anda berdiskusi dengan client ada baiknya anda melihat lawan bicara anda dan usahakan jangan gunakan istilah-istilah di bidang IT jika anda tidak yakin client anda mengerti apa yang anda ucapkan. Gunakanlah bahasa yang umum dan mudah di mengerti termasuk ketika anda di suruh menjelaskan tentang sistem yang perlu anda lakukan adalah anda menjelaskan kepada client anda menggunakan perumpamaan yang di ketahui secara umum.

5.Persiapkan Gadget dan Bahan Presentasi Anda

 Hal ini sangat kecil namun bisa berdampak besar terhadap anda. Anda harus mempersiapkan bahan presentasi anda dengan baik selain itu cek gadget anda apakah batrainya penuh atau tidak. Simpan bahan presentasi anda di email, dropbox, flashdisk, handphone, dan gadget lain agar tidak terjadi hal yang anda inginkan. Untuk presentasi buatlah agar persentasi menarik dan berbeda. Salah satu contohnya menggunakan prezi anda bisa mencobanya di sini http://prezi.com/.

6.Selalu Sediakan Plan 'B'

 Selalu sediakan plan b ketika anda ingin presentasi ke client. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti baterai habis tetapi charger ketinggalan di rumah, atau computer tiba-tiba error, file presentasi corrupt, dan beberapa hal lainnya. Selalu check kesiapan anda dan mempersiapkan kondisi terburuk, dengan begitu anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

7.Tidak Begadang pada Malam sebelum Presentasi

Ada baiknya anda tidak begadang sehari sebelum presentasi. Tentunya anda tidak ingin kantung mata anda hitam ketika anda presentasi ke client. Jika anda harus begadang siapkan tetes mata agar mata anda tidak merah dan penghilang hitam di kantong mata. Usahakan anda tampil prima dan tidak menguap pada saat presentasi.

8. Cari Tau Karakteristik Client Anda

Cari tahu karakteristik Client anda seperti kata jendral besar cina Sun Tzu
Know the enemy and know theyself, find naught in fear for a hundred battles.
Know theyself but not the enemy, find level of loss and victory.
Know the enemy but not theyself, wallow in defeat every time.
 Ketahuilah musuhmu dan dirimu maka kemenangan pasti ada di tangan anda. Maksud musuh dalam konteks ini adalah client tetapi bukan untuk di lawan namun di jadikan teman bisnis. Jika kamu mengetahui apa yang kamu hadapi maka anda akan memiliki lebih besar kemungkinan menang.

Sebelum anda bertemu dengan client anda cari tahu tentang dia melalui social media seperti fb, tweeter,path,instagram dan lain-lain. carilah topik yang update tentang apa yang client anda sukai. karena basa-basi itu dibutuhkan dalam meeting dengan client.

9. Lihatlah dari Sudut Pandang Bisnis

Ketika anda berbicara dengan client anda berbicaralah dari sudut pandang bisnis akan tetapi jangan mengesampingkan sisi teknologi. Yakinkanlah client anda bahwa project jika di buat oleh anda bisa mendapat keuntungan seperti desainnya lebih bagus, sistimnya lebih canggih, pengerjaan hanya memakan waktu sebentar saja, namun segala sesuatu harus dalam lingkup kemampuan anda jangan menjanjikan sesuatu diluar kemampuan anda.

10.Bawalah Data yang Akurat Tentang Project yang Akan di Buat

Membawa data sangatlah penting untuk memberi gambaran kepada client anda tentang berapa lama pembuatan project tersebut dan berapa biayanya. Dengan memberikan data maka ada memberi batasan kepada client untuk tidak mengambil harga terlalu rendah. Namun jangan memberikan terlalu banyak data bisa jadi client anda akan menghire orang lain dan membuat project dari data yang anda berikan maka hati-hatilah jika memberi tahu client tentang data pribadi anda.


Note: Jika ada yang ingin menulis ulang di blog, forum,social media dll sebaiknya di cantumkan sumbernya yaitu https://muhammadyasin89.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer